Uncategorised

Pelatihan Buah Unggulan di Majalengka

 

Kegiatan Pelatihan Buah Unggulan Indonesia di Majalengka dilaksanakan di Hotel Fitra (27/09). Registrasi peserta dibuka mulai pukul 07.30 hingga pukul 09.00 WIB. Peserta yang hadir sebanyak 80 orang yang berprofesi sebagai petani buah dan tergabung kedalam beberapa gabungan kelompok tani (GAPOKTAN). Acara dimulai pukul 09.00 dengan dibuka oleh MC (Gambar 1) dan diawali dengan do’a bersama.

Pelatihan Buah Majalengka 4

Gambar 1 Pembukaan oleh MC

 

Sambutan mengenai latar belakang, tujuan, dan harapan dari kegiatan Pelatihan Pengembangan Buah Unggul Indonesia disampaikan oleh Dr H Hadirin Suryanegara, MAP (Sekretaris Dirjen Penguatan Inovasi) dan Ratieh Sanggarwaty SE (Anggota DPR RI Komisi X) (Gambar 2).

Kegiatan selanjutnya penyerahan bibit secara simbolis kepada perwakilan masing-masing kelompok tani oleh Dr H Hadirin Suryanegara, MAP, Ratieh Sanggarwaty SE, Dr Ir M.R. Suhartanto, dan Endang Gunawan SP, MSi (Gambar 3).

Pelatihan Buah Majalengka

Gambar 2 Penyerahan bibit secara simbolis kepada perwakilan masing-masing kelompok tani

 

Kegiatan kemudian dijeda dengan istirahat (caffee break) selamat 15 menit dan dilanjutkan kembali dengan pemaparan materi mengenai pengembangan buah nusantara oleh Dr. Ir M.R. Suhartanto selama 60 menit dan sesi diskusi selama 30 menit (Gambar 3).

Pelatihan Buah Majalengka 2

Gambar 3 Pemaparan materi oleh Dr Ir M.R Suhartanto

 

Pemaparan materi kedua oleh Endang Gunawan SP, MSi mengenai budidaya jambu kristal juga dilakukan selama 60 menit dan diskusi selama 30 menit  Acara kemudian ditutup. Penyerahan bibit dan benih kepada masing-masing peserta dilakukan di Universitas Majalengka.