Diseminasi Bibit Pepaya Hasil Pengembangan PKHT melalui Program IbIKK

Penyediaan Bahan Cetak

Pembuatan leaflet

Leaflet dibuat sebagai salah satu sarana bahan pendukung diseminasi varietas pepaya yang dikembangkan PKHT IPB. Leaflet ini sangat berguna pada saat pameran dan juga digunakan sebagai atribut pendukung saat diseminasi benih pepaya ke petani. Pada tahun 2012 sudah disusun leaflet tentang profil genotipe pepaya hasil pemuliaan PKHT IPB yang berisi tentang karakterisasi 4 genotipe pepaya yang siap untuk didiseminasikan dan uji coba produksi di lahan petani.

Pembuatan Modul Pelatihan

Modul pelatihan disusun sebagai bahan pegangan dan panduan bagi peserta saat melaksanakan pelatihan budidaya pepaya. Isi modul pelatihan lebih singkat dan padat namun lebih mudah dipahami oleh pengguna dibandingkan panduan singkat SOP pepaya dan terbagi dalam tiga bahasan yaitu: pembibitan, budidaya dan pascapanen.

Modul ini merupakan bentuk penyesuaian dan penyempurnaan dari modul pelatihan yang sudah disusun oleh PKHT pada tahun sebelumnya. Revisi untuk penyempurnaan modul pelatihan ini dilakukan pada tahun 2013. Penyempurnaan dilakukan terhadap beberapa bagian teknologi budidaya maupun pascapanen.

Revisi acuan Standar Operasional Produksi (SOP) Pepaya

Selama Program Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan, PKHT melakukan revisi dan penyempurnaan terhadap buku acuan Standar Operasional Produksi (SOP) Pepaya yang sudah diterbitkan oleh PKHT pada tahun 2009. Penyempurnaan ini dilakukan dalam hal tambahan paket teknologi yang berhasil diperoleh setelah tahun 2010. Begitu juga dilakukan penambahan gambar ilustrasi sehingga lebih memudahkan pembaca/petani untuk memahami petunjuk teknis yang ada pada setiap langkah pengerjaan teknis produksi pepaya.

Diseminasi Benih dan Paket Teknologi Budidaya Pepaya IPB

Pelatihan Agribisnis Pepaya IPB

Pelatihan sebagai bentuk sosialisasi SOP dan teknologi produksi pepaya IPB selama periode tahun 2012-2014, telah dilakukan selama tujuh kali pelatihan. Pelatihan dilakukan pada beberapa kelompok tani  dan mitra PKHT dari berbagai daerah sentra produksi pepaya di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Pada tahun 2012 telah dilakukan empat kali pelatihan, yaitu pada: 1) kelompok tani dari wilayah Kabupaten Banyumas Jawa Tengah,  2) Kelompok Tani D’Prima Cicurug Sukabumi Jawa Barat,  3) Petani Muda Indonesia Jawa Barat dan 4) Paguyuban Penangkar Bibit Kabupaten Garut. Pada tahun 2013 telah dilakukan dua kali pelatihan, yaitu: 1) pelatihan di kebun PTPN VIII Jawa Barat dan 2) Kelompok tani pepaya Gugah Nurani di Desa Nangerang Cicurug Sukabumi Jawa Barat.  Sedangkan pada tahun 2014, dilakukan satu kali pelatihan di kelompok tani Malangbong Garut Jawa Barat.

Pembinaan, Pendampingan dan Monitoring Terhadap Mitra Petani serta Pelaku Agribisnis Lainnya

Kegiatan pendampingan dan monitoring terus dilakukan terhadap petani dan pelaku agribisnis pepaya. Pendampingan serta monitoring sejak Maret 2012 sampai Desember 2014 sudah dilakukan ke petani atau mitra di beberapa sentra produksi pepaya di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jogyakarta. Pendampingan dan monitoring dilakukan pada kebun produksi buah dan produksi benih. Pada kegiatan pendampingan dan monitoring ini secara rutin team PKHT mengadakan kunjungan lapang secara langsung untuk mengetahui perkembangan kebun produksi buah maupun kebun produksi benih mitra petani. Begitu pula sebaliknya jika terdapat permasalahan di kebun, mitra petani datang untuk konsultasi ke kantor PKHT di Kampus IPB Baranangsiang.

Penyediaan Jasa Konsultasi dan Transfer Teknologi Produksi Pepaya Callina, Carisya dan Sukma.

Keberadaan media elektronik internet dimanfaatkan secara optimal sebagai sarana untuk penyebarluasan dan komunikasi antara tim ibikk PKHT dengan petani dan pengguna benih dan produk PKHT IPB. Penyebarluasan informasi dilakukan melalui website PKHT yang selalu up to date dan dapat diakses semaksimal mungkin oleh semua mitra PKHT.

Penyediaan jasa konsultasi dan transfer teknologi untuk mitra pengguna benih pepaya IPB dilakukan secara cuma-cuma atau gratis baik melalui email, sms, telepon maupun diskusi dengan tatap muka langsung di Information Center PKHT di Kampus IPB Baranangsiang.  Transfer teknologi dapat juga dilakukan melalui kunjungan lapang dan magang bagi mitra pengguna teknologi di Kebun Percobaan IPB.          

Pemutakhiran data website PKHT LPPM IPB

Website dikembangkan sebagai sarana informasi perkembangan dan kegiatan PKHT IPB. Berbagai informasi perkembangan komoditas pepaya dapat diunduh dalam website ini. Secara periodik berbagai informasi terus di mutakhirkan mengikuti perkembangan berbagai kegiatan yang dilakukan di PKHT terutama berbagai hal yang berkaitan dengan pepaya.

This entry was posted in Kegiatan PPM, Kegiatan PPM. Bookmark the permalink.